Selasa, 17 Februari 2009

Bipolar?? Hah? Apa Gue Kena Juga Ya?

Assalamualaikum

Blog gue tercayang!!!

Kemarinnya sih gue udah dapet info dari temen2 gue kalau besok bakal ditanya2 soal Bipolar Disorder (anjir keren banget namanya ya?!). Mampus aja dah gue cuma dikasih bahan kopian tentang Bipolar dalam bahasa inggris 15 halaman pula, MAMPUS!!! Dari baca kata2 yang ada di dalamnya udah buat kepala gue klenyengan so semalam gue langsung aja dah tidur kagak ada niat ngapalin, bodo ah mau dihukum disuruh ketawa sama pasien di RSJ Cisarua it's ok lah, no problem (secara gue juga sakit kali ya hehe).

Pagi ini gue bangun jam 5, mandi, makan, terus solat subuh, dan cabs ke kampus yang paling gue benci jam 6 pagi. Sampai kampus jam 6.30 langsung gue menuju ke Whizz tempat kita janjian. Eh ternyata ya, masih aja ada yang telat datang lebih dari jam 7, padahal di hari sebelumnya mereka udah buat kesepakatan bakal didenda maks Rp. 10.000 tahu deh apa perjanjian itu masih berlaku. Udah gitu betenya kita harus nunggu sampai jam 7.30 nungguin kak Sudirja karena mau numpang rombongan kita nyusul ke RSJ Cisarua (dia juga senior kita di bagian jiwa lho!). Eh ternyata pas ketemu sama kak Sudirja kalau bimbingan sama dokter2 disana biasanya mulai jam 9.00 bahkan jam 10.00 atau paling lambat bisa jam 13.00 matek, jadi usaha gue selama ini bangun pagi2 gk guna doooong :(. Selama perjalanan menuju sana gue juga mati2an niatin untuk baca bahan kopian Bipolar itu.

Sesampainya di RSJ Cisarua, seperti biasa kita ngikut grup senior untuk keliling2 terus kita nongkrong deh di bangsal Elang (oh ya disana semua bangsal menggunakan nama burung). Disana kita ketemu deh sama dr. Budiarto Sidharta, SpKJ (yang mau nanya2 kita tentang Bipolar, anjir gue jadi keinget kalau gue gk sungguh2 ngapalin bahan kopian dia deh). Di bangsal itu beliau melakukan visite, tapi visite di RS ini agak berbeda dengan visite dokter kebanyak RS umum biasanya, jadi setiap pasien dipanggil untuk datang ke ruang pemeriksaan dokter yang ada disana. Karena kita anak minggu pertama, masih polos2nya, dan belum tahu apa2 yang harus diperbuat, jadi deh kita semua ngumpul sambil dengerin dr. Budi anamnesis dan memeriksa pasien di ruangan kliniknya yang super sangat kecil ampe berdesakan keluar deh, kebayang coba 10 orang plus 2 orang Coass senior disana.

Karena ini RSJ, jadi ya pasiennya diperiksa oleh dokter SpKJ alias psikiater, jadi setahu gue ya psikiater disini kerjanya ya cuma ngomong aja seperti ini...

dokter : bapak masih mendengar suara mesin motor?
pasien : dulu dok, sekarang udah enggak
dokter : bapak masih merasa curiga?
pasien : dulu dok saya merasa ada yang mencurangi dalam bisnis saya
dokter : pekerjaan bapak dulu apa?
pasien : saya petani dok

Hehe, begitulah sedikitnya cuplikan percakapan antara dr. Budiarto dan pasien yang gue sempet dengar, memang agak aneh, tapi dari sini gue ngerasa banget kalau obat yang diberikan ke pasien itu memang bekerja dengan baik. Dari sini gue cuma bisa diagnosis sedikit kalau pasien ini mempunyai halusinasi pendengaran, dan juga rasa curiga yang berlebihan. Ya tahu sendiri namanya juga pasien RSJ hehe.

Setelah itu kita ngumpul2 di ruang Coass RSJ ini, anjir bete dan ngantuk gue selama dr. Budi nguliahin kita tentang Bipolar, mana tiap anak disuruh nerjemahin atu2 kopian diktat yang dikasih sama dia, dan anjir gue kebagian disuruh translate haha.

Selesai jam 11.00, perut gue yang agak kelaperan langsung nyerbu deh batagor, tapi pas gue lagi mau beli, ternyata ada temen gue yang bilang kalau langsung disambung sama bimbingan dr. Widjatmiko anjis... Kali ini bener2 gue udah mampus setengah mati ngantuknya, mana gue sempet 3 kali menguap keras2 pula. Kali ini ngebahas status kak Sudirja tapi sambil diberitahu cara membuat status yang baik. Jadi karena kita anak baru gitu lho, ya jadi cukup diam dan mendengarkan baik2 sambil mengantuk pula.

Selesai jam 14.00 setelah itu kita kopi bahan besok untuk bertemu dengan dr. Pieter di klinik jiwa di Maranatha. Aduh sampe2 jam setengah 4 gue langsung cabs ke rumah dan jam 20.00 ini gue udah janjian sama uni Liza mau ikut nonton operasi di RS Pindad.

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar