Senin, 16 Februari 2009

Hari Pertama di RSJ Cisarua Gitu Lho!!!

Assalamualaikum

Blog gue yang tercintah!!!

Apa kabarnya nih blog, gue mau curhat nih. Hari ini gue tuh campur banget lah perasaan gue, dari antusias, senang, kecewa, dan capek. Ceritanya nih blog, hari ini hari pertama gue kerja sebagai Coass, dan emang pas banget di hari pertama ini gue ditempatin di bagian Psikiatri alias Jiwa, ya otomatis dong selain di rs Immanuel, gue juga ditempatin di rs jiwa, pas banget kebetulan gue sama 9 temen2 gue: Ira, Oscar, Arief, Tigor, Sukma, Teh Anna, Vindi, Déar, dan Reki ditempatin di RS Jiwa Cisarua, Cimahi, gitu LHO!!!

Pagi2 hari ini gue sengajain bangun jam 5, terus gus solat subuh, makan, n mandi gk lupa lho biar gk bau di hari pertama gue jadi Coass hehe. Jam 6 kurang gue cabs deh ke Maranatha pake motor baru merk Honda Vario yang dikasih sama bonyok gue warnanya biru lho!

Sampe di Maranatha jam 6:45 dengan kondisi jalan gk macet dan juga gk terlalu rame. Ya sudah langsung deh gue ke ex kampus gue (secara gue udah S. Ked gitu lho, tapi tetep dah kampus gue). Gue ketemu sama Angel '05 temen adek gue, gue titip tas ke dia dan gue boker di WC basement dekat lab. anatomi (maksudnya siap2 kalo2 gue di hari pertama takut banget gue kebelet boker). Dengan maksud gue mau titip helm ke pak Tri fotokopian senat FK, tapi ternyata si babeh belom datang ya sudah gue langsung aja deh jalan ke Whizz Gamecenter tempat anak Coass kelompok kita janjian.

Sampe di Whizz ternyata kosong melompong kagak ada anak2 yang nonjolin hidungnya sama sekali, mampus deh gue dan langsung parno banget, hari pertama bakal ngadep Dir RSJ Cisarua telat pula. Langsung aja deh gue telp teh Anna (orang dalam list jarkom gue), eh ternyata kagak diangkat, dan gk lama kemudian si teh Anna sms ke gue tepat pukul 6:50 "Sori yo aku br brgkt nih sory pisan.Udah pd ngumpul yah". Langsung deh gue kagak enak hati sama teh Anna, gue pikir cuma mau nanya si teh Anna lagi dimana, tapi maksud si dia gue ngejar2 dia suruh ke kampus cepet2 hehe (biar lah secara dia pernah nakutin gue pake nyamar jadi dr. Winsa).

Gk lama kemudian datang deh mobil Yaris warna merah, eh ternyata itu si Ira, dan setelah itu si Reki, Vindi, Déar dengan mobilnya, Arief dengan mobilnya CRV juga, Sukma dan teh Anna. Setelah bertujuh gini dan waktu menunjukan pukul 7.00 si Ira langsung nelp deh ceritanya ke rumah si Oscar, pas banget yang angkat bininya, ternyata si Oscar masih dirumah pukul segitu anjir... dan setelah gue dan Ira mengalami depresi ringan setelah misscall sekitar 10 kali ke Tigor gk diangkat pula.

Pukul 7:15 si Oscar datang dengan motornya dan langsung di parkir di Whizz, pukul 7:20 kita udah semakin gregetan karena si Tigor sama sekali gk ada kabarnya, langsung deh gue sama Reki ambil inisiatif nyusul ke kost nya si Tigor, gk lama kita sedang dalam perjalanan turun ke Cibogo (jalan kaki lho!) langsung hapenya si Reki bunyi, telp dari si Ira kalau si Tigor lagi pake baju (mak! kemana aja tuh anak?).

Tepat pukul 7:30 Tigor datang, dengan agak setengah terburu-buru setengah santai, dan langsung masuk ke mobil CRV Arief, dan dengan sedikit santai berkata "sorry cuy gue telat". Gue yang udah parno cuma bisa diam, panik juga enggak mungkin krn capek nunggu kali ya.

Kita bersepuluh dibagi dua mobil 5 orang: Ira, Oscar, teh Anna, Sukma, dan Vindi naik mobil warna lipstick kinclongnya si Ira, disetirin sama Oscar. Dan grup cowok sisanya naik mobilnya Arief, dan gue sendiri duduk di depan, tapi dengan kondisi helm gue titipin di mobil si Ira. Kita berpisah, si Oscar ambil jalur lambat, dan kita ambil jalur cepat lewat Toll.

Ternyata ya blogku tercintah, setelah kita keluar toll dari Baros, kita sempat berputar2 di Cimahi karena banyak jalur yang searah, dah gitu dengan kondisi kita harus nunggu palang kereta, dan setelah kita di jalur ke arah Cisarua, wah itu nanjak sekali (kerasa kuping gue jadi budek soalnya), dah gitu dengan kondisi ngebut pula karena takut telat dan juga si Arief kebelet boker, dah gitu keadaan mobil itu karena isinya cowok semua ribut dah, dari mulai si Reki yang tereak2, ngomongin bola dan macem2 dah.

Sampe di RSJ Cisarua jam 7.50, lho kok tutup gerbangnya? Ya ampun ternyata karyawan disana sedang apel pagi nih ceritanya (kaya TNI aja yaa???). Ya sudah kita antre aja diluar sama beberapa mobil milik PNS yang terlambat. Si Arief langsung deh ngebet keluar, masuk dari pintu samping dan nanya2 ke bapak satpam yang sedang khidmat mengikuti apel pagi sambil menjaga pintu gerbang RSJ Cisarua. Tampaknya si bapak satpam ini adalah orang yang mengerti jadi sembari khidmat mengikuti apel pagi dari kejauhan dia memberi informasi ke si Arief kalau ada WC di dalam pos satpam, alhamdulillah... kayanya si Arief bisa juga deh tuh beranak eh boker.

Jm 8.00 apel pagi sudah selesai langsung deh kita masuk ke dalam lingkungan RSJ, dan 5 menit kemudian rombongan mobil Ira sampe, mereka pake ngeluh lewat jalur lambat mereka harus nungguin sapi dan truk sayuran, secara RSJ Cisarua kan di puncak gunung gitu dan emang disana banyak kebun sayuran sih.

Ya sudah kita langsung sama2 pake jas putih dan nametag yang menandai kita ini Coass gitu lho, menuju ruangan rapat, dan kita disambut dengan ceramah pagi dari Dir. RSJ Cisarua, tampaknya ceramahnya menitikberatkan untuk penyembuhan jiwa dari segi religi, ya bagi gue sih penting2 aja tapi ampun dah emang dasar gue gk suka denger kuliah dari dulu, ngantuk banget.

Setelah itu kita menemui Mr. James Sembiring, ya salah satu karyawan RSJ Cisarua, kita keliling2 deh RSJ itu yang super sangat luas, dan emang kondisi pagi itu dingin banget, kayanya jas co gk cukup deh bungkus badan gue yang sumper gempal ini dari dinginnya Cisarua.

Langsung awal2 kita dibawa ke sebuah gedung, disana kita ketemu sama pasien2 RSJ (gue kagak tega manggil mereka 'orang gila' jadi gue sebut pasien aja deh). Di gedung aula tersebut terdapat pasien ce dan co sedang menyanyi, disana gue berpapasan dengan pasien ce setengah baya, langsung deh tu pasien nyiumin tangan kita satu2 (aduh sopan pisan ibu, tapi teh kudunya gue sih nyium tangan elu). Terus ada pasien ibu2 yang terus nempel sama Déar (cocok banget deh jadi pacarnya, kasihan lu Déar).

Setelah itu kita dibawa ke ruangan aula latihan motorik, disini pasien2 co sedang olahraga, waktu kita kesana pasien2 ini ada yang main badminton, ada yang sambil duduk2 nonton aja. Terus ada pasien bapak2 datengin si Reki minta rokok (emang dasar intuisi bapak ini kuat bisa nebak kalau si Reki emang perokok). Terus si Reki emang niat mau ngasih rokok, tapi sama Mr. James Sembiring gk dibolehin, ya sudah terus si Reki bilang gk ada, eh si bapak malah minta duit pula hehe. Emang di aula latihan motorik tersebut isinya pasien co semua, si Coass cewek2 di kelompok gue pada ketakutan.

Setelah itu kita masuk ke bagian Napza, disini gue agak boring sih, karena gue sempet ketemu dengan counseloy yg notabene bekas pecandu juga. Disini mereka dididik secara alami, no drugs, no sex (ame siapa kalee???), and no violence. Jadi para pecandu disini asli mereka di sembuhkan dengan cara counseling dan cara2 disiplin. Tapi walaupun gitu, mereka semua menggunakan bahasa inggris lho... salut gue. Kayanya gue walaupun bukan pecandu gue harus niru cara mereka deh biar gue bener2 disiplin dan tepat waktu, tapi ogahlah gue gabung sama mereka hehe Insya Alloh deh jangan sampe gue jadi pecandu.

Ya setelah itu muter2 deh kita, sampe ke ruangan akut dimana disini pasien akut semua yang sedang mengalami halusinasi berat dan sebagainya. Tapi di ruangan akut ini ada satu ruangan transisi dimana emang pasien yang pernah mengalami episode manik (akut) sudah mulai sedikit tenang dan mereka siap untuk dipindahkan ke ruangan tenang. Di ruang akut untuk co ini gue, di bagian ruangan transisi gue nemuin satu pasien co pake jaket, aduh waktu diajak ngobrol sih normal2 aja sih, bahkan dia sepertinya orang yg agak2 terkesan intelijen gitu lah, dia menyebutkan beberapa pemusik jazz, rock dan sebagainya (what a nice choice of music!). Bahkan kita ngobrol2 sepertinya layaknya orang normal sih. Terus dia nanya2 ke gue soal agama gue, dan dia tampaknya cherish banget ke Alloh deh. Terus si Arief emang sempet iseng, "mau gk pacaran sama ini (nunjuk ke Ira)" terus si pasien bilang "waduh saya malu banget" hehe emang dasar si Arief teganya nanya gitu hehehe.

Ya kita muter2 lagi perjalanan sambil gue udah ngerasa capek banget gitu, udha gitu gue nyium bau kue bandross lagi udah kelaperan, capek, komplit dah. Akhirnya setelah kita mengunjungi ruang akut ce, UGD, selesai deh perjalanan kita. Gue langsung serbu batagor (wih enak sih kerasa ikannya walaupun kesannya tepung doang), bandross, dan akhirnya kita ke kantin gue makan soto ayam plus teh manis anget. Abis kita cabut langsung ke markas Immanuel.

Di Immanuel cuma fotokopi tugas, gue sempet muter2in Immanuel (gaya gitu lho Coass) tapi mampus di tengah jalan gue ketemu sama dokter2 tetep aja gue masih tengsin.

Ya setelah itu balik lagi ke Maranatha, dan gue pulang ke rumah sampe rumah jam 16.00 dan gue langsung mandi, nulis blog ini.

What a day my lovely blog! Capek banget deh gue tapi gue seneng sih secara gue udah ngelewatin masa 7.5 tahun di FK, dan hasilnya ini gue di Coass akhirnya.

Wassalamualaikum

M. C. E. Kaunang, S. Ked (hehe gelar dong!!!)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar